Wakil Papua, Persitoli Tolikara Pastikan Lolos ke Babak 8 Besar Piala Pertiwi
beritapapua.id - Skuad Galanita Persitoli Tolikara. (Foto: Jubi)

Wakil Papua, Persitoli Tolikara putri akhirnya memastikan lolos ke babak 8 besar Piala Pertiwi usai mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 3-0 di laga terakhir penyisihan Grup A yang berlangsung di Lapangan Sabilulungan Soreang, Bandung, Senin (21/3/22) kemarin.

Hasil tersebut membuat Persitoli tetap membuat Persitoli kukuh di puncak klasemen Grup A dengan 10 poin, tanpa menelan kekalahan. Grup A masih menunggu laga Bangka Belitung kontra Jawa Tengah yang akan bertanding hari ini untuk menentukan juara grup. Bangka Belitung berada di posisi kedua dengan 7 poin.

Sejauh ini Persitoli belum terkalahkan dalam empat pertandingan yang dimainkan secara beruntun tanpa jeda istirahat. Hasil yang diraih oleh Srikandi Nawi Arigi Waleman the Blues itu membuat sang pelatih, Thomas Madjar, cukup puas.

Sang Pelatih Thomas Madjar mengatakan bahwa anak asuhnya sejauh ini bermain baik selama turnamen berlangsung.

“Puji Tuhan anak-anak masih bisa bermain dengan baik dan kita bisa menang di laga kemarin, meskipun nampak kelelahan karena harus bertanding empat hari beruntun,” ujarnya.

Madjar mengakui timnya berhasil memetik tiga poin di laga terakhir menghadapi Jawa Tengah karena ia meminta untuk tidak bermain dengan tensi tinggi agar pemainnya tidak terlalu kelelahan.

“Penampilan kemarin lawan Jateng kami meminta anak-anak tidak bermain dengan tensi yang tinggi karena mereka sudah sangat kelelahan,” ungkap Madjar.

Pelatih yang juga membina SSB Batik Kotaraja itu berharap timnya bisa kembali bugar dengan waktu istirahat selama dua hari sebelum bertanding di babak 8 besar.

“Kita tidak mengeluh juga, hanya saja selama empat hari pertandingan beruntun itu tim kami belum pernah berlatih karena tidak ada waktu dan jadwal yang padat. Jadi kita siasati mereka dengan banyak beristirahat dan batasi aktivitas sebelum bertanding. Tapi setelah lolos ini kami punya waktu jeda dua hari sebelum bertanding di babak 8 besar,” jelasnya.

Target Menjadi Juara di Piala Pertiwi

Madjar menyebutkan meski sudah lolos, timnya masih harus melakukan beberapa evaluasi di sejumlah sektor jika ingin terus mendapatkan hasil positif dan memenuhi target juara di Piala Pertiwi.

“Evaluasi tim kita mungkin masih banyak, salah satunya masalah duel udara di pemain belakang kita. Dan juga soal transisi menyerang dan bertahan,” pungkasnya.

Kapten tim Srikandi Waleman the Blues, Selly Wunungga, juga mengapresiasi perjuangan rekan-rekannya yang pantang menyerah meskipun harus bertanding tanpa jeda istirahat.
Kata Selly, ia dan kolega bermain saling percaya dan selalu berjuang untuk bisa mendapatkan hasil terbaik di setiap pertandingan.

Baca Juga: Prajurit TNI Akan Dapatkan Sanksi Berat Jika Kedapatan Melanggar HAM

“Kami saling percaya dan kami pemain selalu mau buat agar bagaimana kami bisa tampil baik,” ungkap Selly.

Persitoli sementara masih memuncaki klasemen Grup A dengan mengoleksi 10 poin dan memiliki agregat 15 – 3.

Sedangkan Bangka Belitung juga masih berpeluang menggeser posisi Persitoli. Babel berada di peringkat kedua dengan 7 poin dan memiliki agregat 12-4. Babel masih akan melakoni pertandingan terakhirnya kontra Jawa Tengah, hari ini.