Wali Kota Jayapura Ajak Warga Isolasi Mandiri di KM Tidar
beritapapua.id - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat meninjau kesiapan KM Tidar. (foto : jubi)

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengajak warga di ibukota Provinsi Papua yang terkonfirmasi Covid-19 untuk mau menjalani isolasi mandiri (isoman) di KM Tidar.

Menurutnya warga akan lebih cepat sembuh apabila warga menjalani isoman di KM Tidar karena kebutuhan warga akan terpenuhi.

“Supaya cepat sembuh karena kami berikan pelayanan dan kenyamanan untuk pasien yang isolasi di KM Tidar,” ujarnya, Selasa (24/8/2021).

Ia mengatakan bila pasien Covid-19 tetap menjalani isoman di rumah masing-masing ada kekhawatiran bisa menularkan kepada anggota keluarga. Dan resiko terparah adalah pasien bisa menularkan kepada orang-orang di lingkungan tempat tinggal pasien berada.

Namun, pasien yang memiliki kamar tidur terpisah dan memenuhi syarat masih bisa menjalani isoman di rumah masing-masing.

“Jumlah pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah ada 1.888 orang. Kalau ada kamar mandi dan kamar tidur sendiri, tidak apa-apa isolasi di rumah. Tapi kalau tidak ada, saya mohon agar bersedia isolasi di KM Tidar,” ujar Tomi Mano.

Ia juga mengajak pengurus warga untuk ikut memberikan sosialasi agar warga mau pindah dan menjalani isolasi ke KM Tidar.

Pengawasan Terhadap Warga Yang Isoman di Rumah

Selain itu, ia juga minta harus ada pengawasan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Ini juga merupakan upaya agar warga yang sedang menjalani isolasi mandiri tersebut tidak keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah. Hal ini agar bisa mereka yang positif Covid-19 menularkannya kepada orang lain dan bisa memutus rantai penyebaran.

“Saya minta data dengan baik pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, lakukan pengawasan agar tidak menyebarkan Covid-19 ke orang lain supaya kita bisa memutus penyebaran Covid-19 ini,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga : TNI AL Laksanakan Kegiatan Vaksinasi Nelayan di Tengah Laut

Tomi Mano menambahkan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah agar menguatkan iman, hati, makan makanan sehat dan bergizi, rajin olahraga, dan berdoa kepada Tuhan agar segera sembuh sehingga bisa kembali beraktivitas normal.

“Saya berharap tidak ada lagi warga saya yang meninggal karena Covid-19. Untuk itu saya minta tetap patuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan kurangi aktivitas di luar rumah,” ujar Tomi Mano.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, memastikan pasien Covid-19 yang sedang isolasi di rumah mendapatkan penanganan dengan baik.

“Kami rutin memantau perkembangan kesehatan mereka, mulai dari pemberian vitamin dan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kesehatan,” ujar Antari.

Antari menambahkan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah bekerja sama dengan petugas kesehatan di puskesmas di lingkungan mereka agar mudah dilakukan pemantauan dan penanganan.