Wali kota Sorong Resmikan Pembangunan Stadion Bewela
beritapapua.id - Wali Kota Sorong Lambert Jitmau bersama forkompinda dan insan olahraga sasat meletakkan batu pertama pembangunan stadion bewela, Selasa (19/5). (foto : antara)

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau bersama Forkompinda dan insan olahraga melakukan peletakan batu pertama pembangunan stadion sepak bola, Rabu (19/05/21). Rencananya stadion yang bernama Stadion Bewela tersebut akan berstandar Internasional.

Wali Kota Sorong saat memberikan keterangan, mengatakan bahwa lapangan hoki yang sementara menjadi tempat latihan kurang memadai dan jauh dari harapan.

Karena alasan tersebutlah pembangunan stadion sepak bola berstandar internasional itu bisa terjadi. Hal itu agar generasi muda pencinta sepak bola dapat berlatih dan bermain dengan fasilitas memadai.

Menurutnya, Sorong adalah kota jasa sehingga fasilitas stadion sepak bola yang megah tidak hanya untuk memajukan sepak bola daerah saja. Namun hal lainnya adalah dapat juga memberikan pendapatan bagi daerah.

Ia juga berharap dengan adanya stadion yang megah di Sorong, bisa membuat bertambahnya pemasukan untuk daerah. Karena akan bisa menggelar pertandingan standar nasional dan membuat banyak penonton. Selama ini Kota Sorong tidak memiliki penghasilan dari sumber daya alam dan hanya mengandalkan sektor jasa.

“Saya telah meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan yang ditargetkan berjalan selama satu tahun. Dipastikan Stadion Bewela akan diresmikan pada pertengahan 2022,” ujarnya.

Pembangunan Stadion Bewela Bersumber Dari APBD

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong, Fanik Teuhopiory yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa pembangunan Stadion Bewela bersumber dari APBD Kota Sorong senilai Rp95,4 miliar.

Stadion Bewela akan berstandar internasional dengan lebar 65 meter dan panjang 110 meter. Stadion menggunakan tribun tertutup.

Baca Juga : Piala AFC Kian Dekat, Persipura Matangkan Kesiapan Tim

“Pelelangan proyek pembangunan stadion sepak bola standar internasional tersebut dilakukan secara online dan yang memenangkan pelelangan adalah PT Andika Surya Eramitra dan konsultan pengawas adalah CV Apik Karya,” tambah dia.

Sementara itu, Marthen Tao mantan pemain sepak bola Nasional asal Sorong yang pernah membela Arema Malang, PSIS Semarang, PKT Bontang, serta Persiram Raja Ampat menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada pemerintah kota Sorong atas pembangunan stadion sepak bola megah menjawab harapan dan impian insan olahraga sepak bola daerah tersebut.

“Terima kasih kepada bapak Wali Kota Lambert Jitmau karena telah meletakkan batu pertama pembangunan stadion sepak bola standar Internasional yang selama ini menjadi harapan pencinta sepak bola Kota Sorong,” ujarnya.

Menurut dia, stadion Bewela akan menjadi icon Kota Sorong serta menjadi sarana untuk melahirkan generasi emas Papua menjadi pemain sepak bola hebat di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Ini bentuk perhatian pemerintah untuk memajukan sepak bola daerah dan saya selaku mantan pemain sepak bola Nasional memberikan apresiasi,” katanya.