Walkot Jayapura Minta PKK Sinkronkan Program Sesuai Dengan Program Pemda
beirtapapua.id - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. (Foto: Istimewa)

Wali Kota (Walkot) Jayapura, Benhur Tomi Mano meminta PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) agar menyinkronkan program sesuai dengan program pemerintah daerah. Hal ini agar kedepannya bisa memberikan dampak yang baik kepada masyarakat.

“Program utama Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, yaitu kesehatan, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, dan tata kelola pemerintahan,” ujar Tomi Mano, Selasa (15/3/2022).

Ia mengatakan bahwa PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita yang turut berpartisipasi dalam pembangunan khususnya peningkatan keluarga yang berdaya saing, inovatif, kreatif.

“Menata ke depan untuk memajukan PKK, pintar, pandai, dan kreatif menata masa depan ke perubahan yang lebih baik. Pretsasi Pemkot didorong PKK sehingga menghasilkan SDM dari program ini,” ujar Tomi Mano.

Menurutnya, dengan menyinkronkan program kerja agar menciptakan potensi sumber daya manusia melalui pengurus PKK Kota Jayapura. Dengan begitu nantinya akan lahir generasi emas untuk membangun wilayah Kota Jayapura.

“Keterampilan untuk memberdayakan ibu-ibu di kampung, mengelola potensi sesuai kemampuan masing-masing. Dibutuhkan keterbukaan, koordinasi, komunikasi dalam program dan kegiatan bukan saling menjatuhkan. Kita tidak akan maju kalau membandinkan satu dan lainnya,” ujar Tomi Mano.

Mewujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera

Terkait Rapat Konsultasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga 2022, ia menjelaskan bahwa kader PKK terus meningkatkan sinergitas dalam upaya pencegahan kematian ibu, anak serta stunting guna mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dan menjadi dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Jangan menggosip orang, tidak boleh, tidak boleh, tidak boleh. Manusia mempunyai kekurangan, saling mengisi kekurangan itu sesuai dengan moto kita satu hati membangun kota untuk kemuliaan Tuhan,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga: Kapolda Papua: Akibat Luka Tembak, Dua Korban Meninggal Saat Unjuk Rasa

Ketua PKK Kota Jayapura, Kristhina Mano mengatakan, rapat konsultasi PKK ini untuk mendengarkan program dan kegiatan yang sudah terlaksana sekaligus untuk melakukan evaluasi dengan dana hibah, dan dana program kerja.

“Pesan saya, program yang baik harus diteruskan. Kalau perlu ada lagi kemajuan dari pogram itu. PKK tetap menjadi agen memutus penyebaran covid. Banyak pencapaian tapi juga ada kekurangan,” ujar Kristhina Mano.

Kristhina Mano mengatakan PKK sebagai organisasi yang berbaur dengan masyarakat dan keluarga merupakan fondasi dasar untuk memulai kehidupan di lingkungan yang lebih baik.

“Pembangunan keluarga, sehingga benar-benar memberikan positif sehingga masyarakat terus berkembang dan menjadikan keluarga yang maju, mandiri, sejahtera sesuai dengan potensi masing-masing keluarga di wilayahnya masing-masing,” ujar Kristhina Mano.

Ia menambahkan, kader PKK berkoordinasi dan mempererat persaudaraan dan silaturahmi serta meningkatkan wawasan setiap kader. Hal ini juga demi mewujudkan keluarga yang sehat dan berdaya saing ke depannya.