Wartawan Manokwari Siap Dukung Program Vaksinasi
Proses vaksinasi Ketua PWI Provinsi Papua Barat Bustam - Foto : Dok. Pribadi Bustam

Untuk memperkuat kekebalan imun tubuh agar terhindar dari penularan COVID-19. Puluhan pekerja pers atau wartawan di Manokwari menjalani program vaksinasi COVID- 19.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam mengatakan dari data yang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dapatkan di Papua Barat, sebanyak 40 orang jurnalis dari berbagai media Massa di Manokwari akan melakukan prorgam vaksinasi.

“Iya benar ada 40 wartawan di Manokwari siap divaksin Covid 19. Besok kita jalani vaksin, akan digelar di kantor kesehatan pelabuhan Manokwari,” ucap Bustan saat mengkonfirmasi usai mendapatkan program vaksinasi di Mapolda Papua Barat.

Bustam menjelaskan wartawan merupakan salah satu profesi yang selalu berhadapan langsung saat melakukan peliputan. Dan ia juga mejelaskan bahwa wartawan salah satu petugas pelayanan publik yang mendaptkan vaksinasi pada tahap II.

“Ya, wartawan menjadi bagian dari petugas pelayanan publik yang diusulkan vaksinasi pada tahap II ini setelah tenaga kesehatan (nakes). Saya sendiri sudah ikut vaksin siang tadi bersama Bapak Gubernur, Bupati Manokwari dan Forkopimda Proinsi,” jelas Ketua PWI Papua Barat, Bustam, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga : KPU Manokwari Menetapkan Dua Paslon Peserta Pilkada

Secara simbolis, saya sudah ikut berpartispasi dalam vaksinasi agar memberikan contoh kepada rekan- rekan media untuk terlibat dalam program vaksinasi ini.

“Besok akan memulai kegiatannya pada jam 9.00 WIT. Saya mengajak rekan- rekan wartawan untuk membawa KTP saat hendak melakukan vaksinasi. Nanti akan diperiksa jika memenuhi syarat maka akan divaksin, sebaliknya jika tidak memenuhi syarat maka tidak divaksin,”ungkapnya.

Tetap Melakukan Protokol Kesehatan Setelah Melakukan Program Vaksinasi

Baca juga: Udah Janji Dinikahi, Eh Di-Ghosting. Ada Dampak Hukumnya?

Bustam juga menyambut baik langkah pemerintah dengan memprioritaskan pekerja pers dalam program vaksinasi tahap II setelah tenaga kesehatan.

“Vaksinasi ini langkah ikhtiar, selain menjaga imunitas dengan menjaga protokol kesehatan. Vaksinasi ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kekebalan tubuh kita,” jelasnya.

Lanjut Bustam, wartawan selama ini cukup aktif memberikan sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat. Ia berharap langkah wartawan melakukan vaksinasi bisa memotivasi semuanya dan masyarakat dapat menerima program ini dengan baik.

“Kita belum tahu pandemi ini akan berakhir. Ini ikhtiar untuk membentuk imunitas diri sendiri. Dan program ini bisa mendorong untuk menyasar lapisan masyarakat,” pungkasnya.