Waspada Covid-19 Masih Mengintai, Jauhi Aktivitas Yang Berisiko
beritapapua.id - Ilustrasi protokol kesehatan dengan menggunakan masker. (Foto: Antara)

Virus Covid-19 hingga saat ini masih menjadi hal yang harus diwaspadai, karena angka penularan virus penyebab penyakit ini diketahui masih tinggi. Di Jakarta saja, per tanggal 20 Juni, melalui situs corona.jakarta.go.id mencatat angka kasus positif bertambah 5.582 orang. Apa saja yang menjadi alasan mengapa peristiwa tersebut terjadi lagi?

Salah satu cara yang disebut sangat signifikan untuk memutus rantai penularan virus adalah membatasi aktivitas di luar rumah. Pasalnya, terdapat sejumlah aktivitas yang disebut memiliki risiko tinggi menularkan virus Covid-19.

Menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun agaknya sulit untuk sepenuhnya dipatuhi. Tentu saja, hal itu akan berdampak pada risiko tertular virus dan bisa memicu munculnya gejala penyakit.

Baca Juga: Nusantara, Nama Ibu Kota Baru Indonesia

Ada beberapa aktivitas tertentu yang bisa membawa risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Berikut kegiatan berisiko tinggi selama pandemi ini:

  1. Olahraga di gym
    Saat ini, tempat paling aman untuk berolahraga adalah di rumah atau di luar ruangan. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga di gym, usahakan jangan terlalu lama untuk meminimalisir risiko terpapar Covid-19. Setelah selesai olahraga, segera keluar dari area gym. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih tempat gym yang memiliki ventilasi udara yang baik. Kemudian pastikan gym yang Anda pilih telah menerapkan protokol kesehatan yang baik seperti membatasi orang yang berkunjung, membersihkan peralatan gym secara rutin, dan menerapkan physical distancing.
  2. Bepergian dengan pesawat.
    Jika ingin berpergian menggunakan pesawat terbang, pastikan untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik. Selama di dalam pesawat, kurangi menyentuh benda-benda di dalamnya, kenakan masker, cuci tangan secara teratur, tidak menyentuh wajah dan menjaga jarak fisik dengan orang.
  3. Makan di restoran
    Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya kita untuk memesan makanan restoran dengan sistem takeaway, delivery order atau drive-thru untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19.