Waspada Gejala Baru Omicron, Pusing Hingga Diare Berlebih
beritapapua.id - Ilustrasi menahan sakit perut. (Foto: Istimewa)

Varian virus Covid-19 jenis Omicron telah menyebar di sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia. Meski gejalanya tidak separah Delta, tren penyebaran Covid-19 Omicron kembali meningkat. Untuk itu, potensi transmisi Omicron tetap perlu diwaspadai.

Terdapat juga Gejala baru Omicron, salah satunya adalah diare parah yang bisa dialami pasien saat terpapar virus ini. Menurut CDC, diare bisa menjadi tanda seseorang terpapar varian omicron. Diare memang bukan satu-satunya gejala yang bisa muncul saat seseorang terpapar varian ini

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah adalah yang paling mungkin mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya.

Sementara berdasarkan laporan dari John Hopkins Medicine sebanyak 20% pasien Covid-19 mengalami diare di awal terinfeksi varian Omicron disamping gejala yang mirip dengan influenza atau flu biasa. Infeksi varian baru ini paling umum biasanya ditandai dengan pilet, sakit kepala, lelah berlebihan, sakit teonggorokan, dan juga mual.

Baca Juga: Pelecehan Seksual, Hakim Syariat Malaysia Naim Mokhtar Jadi Tersangka

Gejala Omicron memang lebih sulit untuk diidentifikasi karena berbaur dengan gejala penyakit musiman lainnya seperti flu atau flu biasa. Meski demikian, serangkaian penelitian menunjukkan walau mudah menyebar, omicron justru lebih ringan daripada jenis lainnya.

Mengutip NBC Chicago, ada serangkaian gejala baru omicron. Berikut gejalanya.

  1. Demam atau kedinginan
  2. Batuk
  3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  4. Kelelahan
  5. Nyeri otot atau tubuh
  6. Sakit kepala
  7. Hidung tersumbat atau pilek
  8. Mual atau muntah
  9. Diare