WNI Dari Luar Negeri Pulang Ke Indonesia, Statusnya Adalah ODP
beritapapua.id - WNI Dari Luar Negeri Pulang Ke Indonesia, Statusnya Adalah ODP - Muchlis Jr

WNI Dari Luar Negeri Pulang Ke Indonesia, Statusnya Adalah ODP – Para Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri diberikan izin untuk pulang ke Tanah Air Indonesia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun Para WNI harus mengikuti syarat dari Presiden Jokowi Widodo agar bisa kembali ke Indonesia.

Syaratnya adalah WNI yang ingin pulang di Indonesia mau tidak mau mereka harus dikategorikan kedalam orang dalam pemantauan (ODP) “Jika tidak ada gejala bisa dipulangkan ke daerah masing-masing tapi statusnya adalah ODP,” ucap Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas tentang penanganan arus masuk WNI dan pembatasan perlintasan Warga Negara Asing (WNA), lewat video conference dari Istana Bogor, Selasa (31/03/2020).

Baca Juga: Hantu di Raja Ampat, Papua Barat

WNI Dari Luar Negeri yang Berada di Indonesia Akan Insolasi Mandiri

Para WNI yang nantinya berada di Indonesia pun dituntut untuk melaksanakan isolasi mandiri secara disiplin selama 14 hari ke depan. Demikian juga para WNI di luar negeri yang memiliki gejala medis serupa Covid-19.

Para WNI yang terkonfirmasi memiliki gejala Corona atau Covid-19 tidak diperbolehkan untuk isolasi mandiri. Melainkan harus bersedia diisolasi di fasilitas kesehatan yang telah disiapkan pemerintah di Pulau Galang, Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa “Yang memiliki gejala, isolasi di Rumah Sakit yang disiapkan di Pulau Galang.” Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh Presiden Jokowi mengingat ada kemungkinan WNI di luar negeri yang ingin pulang ke Tanah Air menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Bisa ratusan ribu sampai jutaan WNI yang akan pulang. Saya terima laporan setiap hari ada 3.000 pekerja migran dari Malaysia” kata Presiden Jokowi. Selain itu, pemerintah juga mencermati kepulangan dari WNI yang bekerja sebagai kru atau anak buah kapal. Diperkirakan jumlahnya akan mencapai 10.000 orang.

Presiden Jokowi menegaskan dalam hal kembalinya para WNI tersebut perlu juga diperhatikan proses screening mereka nantinya. Seperti yang diketahui, wabah pandemi virus Corona masih terus mempengaruhi kegiatan di masyarakat dunia, tidak terlepas di Indonesia.

Info terbaru Covid-19 di Indonesia

Pemerintah telah melakukan berbagai cara agar virus Corona tidak terus menyebar dengan social distancing, Work From Home, Isolasi Mandiri, serta 14 hari dirumah saja. Sampai saat ini dilansir dari Worldometers.info per tanggal 31 Maret 2020 jumlah kasus Covid-19 mencapai 1414 kasus, dimana terdapat 122 orang dinyatakan meninggal, dan 75 orang dinyatakan sembuh dari wabah tersebut.