Presiden China, Xi Jinping dan Joko Widodo memiliki harapan yang hampir sama di tahun Kelinci Air 2023. Harapan yang disampaikan dua pemimpin hebat dunia tersebut berkaitan dengan harapan baru di tahun baru.

Seperti diketahui, Imlek 2574 Kongzili resmi jatuh pada hari ini, Minggu, 22 Januari 2023. Dalam budaya China, tahun akan berubah menjadi Kelinci Air dari yang sebelumnya tahun Macan 2022.

Menurut Xi Jinping dalan pidato terbarunya, Kelinci dianggap sebagai simbol keberuntungan dan keberkahan. Selain itu hewan kelinci juga melambangkan semangat, vitalitas, kedamaian dan keindahan. Oleh sebab itu, Xi berharap rakyat China memeroleh keberkahan sepanjang tahun baru 2023 ini.

“Dalam budaya tradisional Tiongkok, kelinci (tu) disebut Ruitu (kelinci keberuntungan) atau Yutu (kelinci giok), mewakili kecepatan dan kecerdasan, kemurnian dan kebaikan, kedamaian dan keindahan.┬áKelinci keberuntungan menjadi pertanda baik bagi China, yang semakin damai, penuh semangat dan vitalitas,” kata Xi dilansir dari English News.

“Di tahun bulan Kelinci, saya berharap orang-orang di seluruh negeri, terutama kaum muda, berlari kencang dan berlari dengan kecepatan penuh seperti kelinci yang bergerak untuk menunjukkan kemampuan dan keanggunan mereka dalam pekerjaan apa pun yang mereka lakukan,” ia menambahkan.

Senada dengan Xi Jinping, Presiden Joko Widodo juga menaruh harapan besar pada tahun baru Kelinci Air 2023 ini. Harapan tersebut disampaikan Jokowi melalui unggahan poster ilustrasi keluarga yang tengah merayakan Imlek di Instagram pada Minggu, 22 Januari 2023.

“Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai,” tulis Jokowi.