Yudas, Bintang Baru Papua dalam Film Zerre Pendekar Ufuk Timur
Official Poster Zerre Pendekar Ufuk Timur (IG : @zerrependekarufuktimur)

Film Zerre Pendekar Ufuk Timur dibintangi oleh Pemuda asal Papua, Yudas Alep Itlay (24), terpilih dari ribuan kasting yang dilakukan di Jakarta dan Papua menjadi bintang film laga dalam rangka mempromosikan PON 2021 di Papua. Dia terpilih karena memiliki keahlian bela diri.

Profesi bintang film laga ini merupakan hal baru bagi seorang pemuda kelahiran Wamena 11 Februari 1997. Bayangkan, dia bisa terpilih menjadi bintang utama dalam film laga berjudul Zerre, Pendekar Ufuk Timur.

“Ini baru pertama kali banget (main film), ya di film ini, Zerre Pendekar Ufuk Timur. Kalau gugup pasti ada. Cuma proses workshop untuk fighting setiap hari. Arahan dan bimbingan langsung dari sutradara untuk akting selama berbulan-bulan jadi bekal. Saya dapat ilmu baru,” kata Yudas.

Memang Yudas Itlay bukan aktor pertama Papua yang mendapat kesempatan membintangi film layar lebar, karena Michael Basik-Basik pernah pula ikut bermain dalam film laga berjudul Jakarta-Jakarta, yang bercerita tentang sindikat kejahatan yang hendak mencuri emas di atas Tugu Monas Jakarta di era 1970-an. Begitu pula Onny Mayor, yang membintangi film Ibunda garapan sutradara senior Teguh Karya pada 1986.

Hebatnya lagi, Onny Mayor bermain bersama para aktris dan aktor senior seperti Tuti Indra Malaon, Alex Komang, Ayu Azhari, Niniek L Karim, Wawan Sarwani, Galeb Husein, Rossy S Dradjat, dan Ria Irawan.

Sejak itu memang tak ada lagi aktor Papua bermain film, terkecuali Edo Kondologit yang pernah menjadi aktor saat bermain dalam dalam film Red CobeX dan Salah Bodi.

Film Laga dan Aksi Yang Membutuhkan Stamina

Film Zerre, Pendekar Ufuk Timur karya sutradara kelahiran Surakarta, 8 Agustus 1984, R Jiwo Kusumo ini, sangat membutuhkan stamina kuat karena termasuk dalam film laga dan aksi. Beruntung aktor muda asal Papua ini, Yudas Itlay, mengusai dasar bela diri dan punya hobi berolahraga.

Dari ribuan talent yang ikut audisi, rata-rata memiliki kemampuan skill dan bukan semata karena penampilan fisik. Namun juga mempunyai jam terbang tinggi dalam pengalaman berakting di film sebelumnya.

Sutradara R Jiwo Kusumo mengatakan tidak melihat sosok peserta audisi yang pernah main film apa dan di mana dia bermain.

“Kita (tim produksi) memiliki visi mau melahirkan the rising star dari Papua terutama untuk aktor laga,” kata R Jiwo Kusumo.

Zerre Pendekar Ufuk Timur Berkisah Tentang Perjuangan Seorang Anak Kampung di Papua

Lebih lanjut sutradara film R Jiwo Kusumo menjelaskan film berjudul Zerre Pendekar Ufuk Timur ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak dari kampung di Papua yang ingin membanggakan orangtuanya dan mengharumkan tanah pertiwi.

Zerre adalah nama anak dari kampung itu yang juga memiliki talenta bela diri. Ia berjuang keras untuk meraih mimpinya meraih medali emas dalam PON XX Papua 2021 mendatang.

Baca Juga : Memaksakan Demokrasi Dengan Kudeta

Namun dalam perjalanan untuk meraih impiannya, Zerre yang diperankan oleh Yudas Itlay terjebak dalam konflik dengan sindikat kejahatan human trafficking dan narkoba. Dalam film ini, bintang film asal Papua ini juga dapat dukungan dari bintang-bintang seperti Aditya Zoni dan Yama Carlos.

Yudas Itlay mengaku sangat bersyukur karena mendapat pengalaman dalam film dan langsung menjadi peran utama dalam film sebagai pendekar Zerre.

Dia bilang ini kesempatan emas dan tak mau menyia-nyiakan peluang ini. Tak lupa Yudas mengucapkan terima kasih kepada sutradara. Dan tak lupa juga untuk rumah produksi yang memilihnya sebagai salah satu bintang dalam film laga ini.